ACCOUNTING
PROGRAM MYOB
1. Dasar MYOB
MYOB kepanjangan dari Mind Your Own Business, program aplikasi sangat membantu kinerja bagian admnistrasi dalam menyelesaikan pekerjaan akuntansi di perusahaan. MYOB Accounting adalah aplikasi akuntansi yang populer saat ini. MYOB Accounting memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang lain pun bisa juga diterapkan. Aplikasi ini cocok diterapkan pada perusahaan menengah kebawah, untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai, karena biasanya perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.Ada beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan software ini dalam perusahaan, antara lain :
1. Mempunyai tampilan yang user friendly, karena transaksinya bersifat sederhana dan berupa
gambar- gambar sehingga untuk pemula pun akan sangat mudah untuk memahaminya.
2. Mempunyai kemampuan export data ke program excel, sehingga laporan nya bisa juga di
3. Dapat diterapkan untuk 105 jenis perusahaan
yang disediakan.
4. Mempunyai laporan keuangan yang sangat banyak termasuk setting pajak serta
4. Mempunyai laporan keuangan yang sangat banyak termasuk setting pajak serta
menampilkan analisa dalam bentuk grafik.
Prosedur Sistem Kerja MYOB
Accounting :
Dimulai dari Pembuatan Data Perusahaan
1. Entri Data Saldo Awal Periode Perusahaan
2. Entri Data Bukti Transaksi Perusahaan
3. Entri Data Penyesuaian (Akhir Periode) Perusahaan
4. Mencetak Laporan Keuangan dan Laporan lainnya.
Berikut penjelasan secara singkat prosedur sistem kerja MYOB Acconting :
1. Proses Pembuatan Data Perusahaan
·
Identitas
Perusahaan
·
Memasukkan
Periode Akuntansi, Awal dan Akhir Tahun Pembukuan
·
Cara
Pembuatan Bangan Akun Perusahaan
·
Folder
Lokasi Penyimpanan Data Perusahaan
·
Membuat
Data Akun baik secara Import dari data lain maupun proses satu persatu
·
Mengatur
Proses Linked Account
·
Menghapus
Akun yang tidak perlu jika ditemukan
·
Membuat
Kode Pajak Perusahaan (PPN 10% dengan Linked ke PPN Keluaran & Masukan)
·
Membuat
Nama Produk dan atau Persediaan Barang Perusahan (jika perusahaan dagang)
·
Membuat
Nama Pelanggan Perusahan
2. Entri Data Saldo Awal Periode
Perusahaan
·
Pembentukan
Saldo Awal Neraca Perusahaan
·
Pembentukan
Saldo Awal Piutang Perusahaan
·
Pembentukan
Saldo Awal Hutang Perusahaan
·
Pembentukan
Saldo Awal Persediaan Perusahaan
(baik secara kuantitas maupun secara harga pokok)
(baik secara kuantitas maupun secara harga pokok)
3. Entri Data Bukti Transaksi
Perusahaan
·
Proses
Jurnal Pembelian
·
Proses
Jurnal Penjualan
·
Proses
Penerimaan Kas (dari sisi Piutang maupun selain dari Piutang)
·
Proses
Pengeluaran Kas (dari sisi Hutang maupun selain dari Hutang)
·
Proses
Pembentukan Jurnal Umum
4. Entri Data Penyesuaian (Akhir
Periode) Perusahaan
Dengan penerapan Modul Accounts - Record Journal Entry
5. Mencetak Laporan Keuangan dan Laporan lainnya
Dengan penerapan Modul Accounts - Reports
Dengan penerapan Modul Accounts - Record Journal Entry
5. Mencetak Laporan Keuangan dan Laporan lainnya
Dengan penerapan Modul Accounts - Reports
Terima kasih postingan bermanfaatnya ..
BalasHapusmana nih postingan selajutnya
BalasHapusMinta postingan SPSS versi 20 donk
BalasHapushai, nanya dong kalo masukin saldo awal di program MYOB versi 17 gimana ya ? makasih
BalasHapusThank infonya, ditunggu postingan lainnya :)
BalasHapusok
BalasHapus