Jumat, 05 Juni 2015


ACCOUNTING PROGRAM MYOB

1. Dasar MYOB

MYOB kepanjangan dari Mind Your Own Business, program aplikasi sangat membantu kinerja bagian admnistrasi dalam menyelesaikan pekerjaan akuntansi di perusahaan. MYOB Accounting adalah aplikasi akuntansi yang populer saat ini. MYOB Accounting memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang lain pun bisa juga diterapkan. Aplikasi ini cocok diterapkan pada perusahaan menengah kebawah, untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai, karena biasanya perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.Ada beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan software ini dalam perusahaan, antara lain :

1. Mempunyai tampilan yang user friendly, karena transaksinya bersifat sederhana dan berupa   

    gambar-  gambar sehingga untuk pemula pun akan sangat mudah untuk memahaminya.
2. Mempunyai kemampuan export data ke program excel, sehingga laporan nya bisa juga di



    cetak di program excel.



3. Dapat diterapkan untuk 105 jenis perusahaan yang disediakan.
4. Mempunyai laporan keuangan yang sangat banyak termasuk setting pajak serta
    menampilkan analisa dalam bentuk grafik.

Prosedur Sistem Kerja MYOB Accounting :

Dimulai dari Pembuatan Data Perusahaan
1. Entri Data Saldo Awal Periode Perusahaan
2. Entri Data Bukti Transaksi Perusahaan
3. Entri Data Penyesuaian (Akhir Periode) Perusahaan
4. Mencetak Laporan Keuangan dan Laporan lainnya.

Berikut penjelasan secara singkat prosedur sistem kerja MYOB Acconting :

1. Proses Pembuatan Data Perusahaan
·         Identitas Perusahaan
·         Memasukkan Periode Akuntansi, Awal dan Akhir Tahun Pembukuan
·         Cara Pembuatan Bangan Akun Perusahaan
·         Folder Lokasi Penyimpanan Data Perusahaan
·         Membuat Data Akun baik secara Import dari data lain maupun proses satu persatu
·         Mengatur Proses Linked Account
·         Menghapus Akun yang tidak perlu jika ditemukan
·         Membuat Kode Pajak Perusahaan (PPN 10% dengan Linked ke PPN Keluaran & Masukan)
·         Membuat Nama Produk dan atau Persediaan Barang Perusahan (jika perusahaan dagang)
·         Membuat Nama Pelanggan Perusahan



·         Membuat Nama Pemasok Perusahaan
2. Entri Data Saldo Awal Periode Perusahaan
·         Pembentukan Saldo Awal Neraca Perusahaan
·         Pembentukan Saldo Awal Piutang Perusahaan
·         Pembentukan Saldo Awal Hutang Perusahaan
·         Pembentukan Saldo Awal Persediaan Perusahaan
      (baik secara kuantitas maupun secara harga pokok)



3. Entri Data Bukti Transaksi Perusahaan
·         Proses Jurnal Pembelian
·         Proses Jurnal Penjualan
·         Proses Penerimaan Kas (dari sisi Piutang maupun selain dari Piutang)
·         Proses Pengeluaran Kas (dari sisi Hutang maupun selain dari Hutang)
·         Proses Pembentukan Jurnal Umum

4. Entri Data Penyesuaian (Akhir Periode) Perusahaan
    Dengan penerapan Modul Accounts - Record Journal Entry

5. Mencetak Laporan Keuangan dan Laporan lainnya
    Dengan penerapan Modul Accounts - Reports

6 komentar: